Selasa, 02 Juni 2009

memanfaatkan sampah





lingkungan hidup yang kita cintai ini adalah lingkungan yang sangat rentan sekali terhadap perubahan, salah sedikit saja pasti akan terjadi bencana. sehingga dalam mengelolanya, kita sebagai manusia yang tinggal di dalamnya perlu sangat berhati-hati dalam menjaga dan memeliharanya.
salah satu hal yang sangat perlu kita perhatikan dalam pemeliharaan lingkungan hidup adalah dalam pengelolaan sampah.
dengan mengelola sampah dengan baik, kita pasti akan terhindar dari berbagai macam bencana yang bisa di timbulkan oleh alam.
sampah yang paling mengganggu adalah sampah plastik, hal ini dikarena bahan plastik tidak mudah terurai secara alamiah, memerlukan waktu minimal 100 tahun supaya bahan plastik dapat terurai secara alamiah.
namun yang ingin saya sampaikan dalam tulisan ini bukan bagaimana cara atau proses bahan plastik terurai secara alamiah. melainkan bagaimana caranya memanfaatkan sampah plastik itu sehingga lebih bermanfaat bagi kehidupan kita alih-alih mendatangkan bahaya atau bencana.
satu langkah awal pasti yang harus kita mulai adalah dengan membuang sampah pada tempatnya. namun tentu saja itu tidak menguntungkan secara materi bukan???
nah, ada kiat khusus bagaimana cara supaya sampah dari bahan plastik dapat memberikan keuntungan yang berlipat ganda kepada kita, yaitu selain memelihara lingkungan juga dapat menambah penghasilan.
cara yang pertama adalah dengan membuat atau menciptakan baran-barang unik atau kerajinan dari bahan plastik, hanya dengan membubuhkan sedikit kesabaran dan ke kreatifan, maka limbah plastik yang awalnya dianggap sebagai sampah biasa, kini bisa diciptakan menjadi kerajinan yang unik nan cantik.
alasan mengapa limbah plastik dipilih menjadi bahan utama pembuatan kerajinan sejenis ini terutama adalah karena keberadaan bahan plastik yang mudah ditemukan di sekitar kita.
pastinya hal ini akan hanya membutuhkan modal yang sangat sedikit tapi mendatangkan keuntungan yang besar (hal yang teman-teman perlu pertimbangkan dengan serius...ini merupakan peluang bisnis).
cara lain adalah seperti yang dilakukan oleh saudara kita di daerah banda aceh,mereka memberdayakan pemulung dengan cara membantu para pemulung mengetahui nilai ekonomis sampah plastik. Jika sebelumnya pemulung menyerahkan sampah plastik berbagai jenis dalam bentuk aslinya, mereka membantu pemulung memisahkan berbagai jenis sampah plastik tersebut sesuai unsur kimianya masing-masing. dengan cara ini mereka telah berhasil meng-eksport bahan plastik daur ulang hingga ke hongkong.
langkah ini memerlukan biaya ekstra dan tenaga ekstra, namun hasil yang di peroleh juga pastinya ekstra.


yah.....pemaparan ini hanya sekedar melengkapi tulisan saya sebelumnya. jadi, kalau masih ada informasi yang kurang, harap maklum, penulis akan perbaikinya dalam tulisan selanjutnya. untuk itu penulis mengharapkan kritikan teman-teman dan masukan yang dapat membangn tulisan ini....
terimaksih..............

NB: klu baca tulisan ini, tolong langsung skalian jd follower yahhh......
heheheheeeeee................

thanks all....

;;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar